Saturday, February 11, 2012

Aku adalah Ibu

Kadang masih suka terbersit di benakku, rasa tak percaya bahwa : aku adalah seorang ibu..
Banyak teman-teman bilang : akhirnyaaaa.....kamu jadi seorang ibu...
Luar biasa rasanya.. Ada bahagia, ada bingung, ada cemas... Bahagia bahwa aku memiliki seorang bayi yang cantik dan sehat. Bingung karena ini adalah pengalaman pertamaku menjadi seorang ibu. Cemas karena aku takut kalau salah dalam merawat buah hatiku, entah itu cara menggendong, cara menyusui, cara memandikan, dll....

Awalnya aku benar-benar stress banget, mengalami banyak tekanan, dan sangat mempengaruhi ASI ku. Banyak hal yang pada akhirnya aku sadar setelah menjadi seorang ibu. Pendapatku sangat setuju bahwa ASI adalah asupan terbaik untuk bayi. Sedikit/banyaknya ASI yang keluar sangat tergantung dengan psikologis kita lho. Saat kemarin aku mengalami stress pasca melahirkan, ASI benar-benar seperti mampet, ga keluar... Tetapi pada saat aku berada dalam kenyamanan, secara psikologis aku happy, tidak ada yang membebani pikiran, yang dipikirkan adalah kebutuhan bayiku supaya dia sehat.... Dan akhirnya ASIku lancar.. Aku tidak pernah menyerah dan rajin menyusui langsung, dengan sendirinya akan merangsang ASI menjadi lancar...

Pada akhirnya aku sadar, bahwa naluri seorang ibu itu sangat besar. Tidak perlu memanggil sebuah naluri, dia akan datang dengan sendirinya.. Dan yang aku rasakan, bila kira percaya diri bahwa kita mampu mengasuh seorang bayi, pasti jadinya BISA.. Kasih sayang juga faktor terbesar yang keluar dari hatiku, membuat aku makin yakin bahwa aku bisa mengasuh bayiku dengan baik...

Bayi adalah makhuk lembut dan tak berdaya. Hanya bisa mengangis untuk meminta. Hanya ibunya lah yang mengerti apa yang diinginkan oleh bayinya.. Mungkin dia lapar, popoknya basah, gerah, digigit nyamuk/semut, atau sekedar hanya ingin digendong dan dipeluk..
Kalaupun bayiku minta dipeluk 24jam, dengan penuh kasih sayang aku akan memeluknya....
Bayiku adalah anugrah terbesar dalam hidupku...

Aku bangga menjadi seorang ibu...

Mom with Candy

No comments: